Ayam Potong Petelor

0
377

Ayam Potong Petelor

Apakah Anda suka mengkonsumsi ayam dan pernah berpikir ingin berternak ayam? Jika demikian, maka Anda bisa mencoba untuk berternak Ayam Potong Petelor. Mengapa begitu? Ayam Potong Petelor adalah jenis ayam yang memang dikhususkan diternak untuk bertelur, namun biasanya saat ayam sudah dewasa dan berhenti bertelur maka Ayam Potong Petelor ini juga bisa dipotong untuk dikonsumsi. Ayam memang banyak disukai oleh semua kalangan. Namun ayam sebaiknya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, tetap harus ada batasnya dan Anda pun tetap harus menyeimbangi kesukaan Anda mengkonsumsi ayam dengan makan buah dan sayuran yang menyehatkan. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam ayam terdapat lemak dan tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

Gambaran Umum dan Kualitas Ayam Potong Petelor

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Ayam Potong Petelor ini bisa diternak untuk diambil dagingnya dan juga telurnya, maka dari itu Ayam Potong Petelor juga sering disebut dengan ayam yang memiliki dwifungsi atau dua fungsi. Ciri-ciri dari Ayam Potong Petelor ini adalah memiliki tubuh yang ramping, gerak geriknya sering terlihat takut atau berlari tiba-tiba karena panik, ukuran tubuhnya kecil dan biasanya produktivitasnya dalam bertelur lebih tinggi daripada ayam jenis lainnya. Ada juga yang disebut ayam pedaging, ciri-cirinya berkebalikan dengan Ayam Potong Petelor, maka dari itu saat Anda hendak Ayam Potong Petelor perhatikan ciri-cirinya seperti yang sudah dijelaskan, agar jangan sampai Anda tertukar dengan membeli ayam pedaging. Untuk soal kualitas telur yang dihasilkan tergantung pada lingkungan dan cara perawatannya. Pastikan Ayam Potong Petelor ini tidak terserang penyakit, maka pastinya telur yang dihasilkan sehat dan berkualitas. Kualitas dagingnya cukup empuk untuk dimakan, namun karena tubuh dari Ayam Potong Petelor ini tergolong kecil dan ramping, maka dagingnya tidak begitu banyak.

Cara Memilih Ayam Potong Petelor

Jika Anda hendak memilih Ayam Potong Petelor untuk dipelihara, maka Anda bisa memilih berdasarkan ciri-ciri yang tadi, ayam ini memang terlihat gelisah dan takut, itu bukan berarti ayam ini berpenyakit, tapi memang karakteristiknya yang demikian. Jika Anda ingin memilih Ayam Potong Petelor untuk dimasak, maka sebelum dipotong perhatikan di bagian kulitnya, periksa apakah ia berpenyakit atau tidak barulah Anda bisa memutuskan untuk memotong ayam tersebut atau tidak. Jenis Ayam Potong Petelor ini cocok digunakan untuk memasak sup ayam yang memang jauh lebih membutuhan potongan daging ayam yang bertulang untuk membuat kaldunya dibandingkan dengan dagingnya secara utuh. Pastikan saat hendak memasaknya Anda membersihkan ayam ini dengan benar, jangan sampai masih ada gumpalan atau bercak darah yang masih tersisa pada daging Ayam Potong Petelor ini sehingga saat akan dimasak nanti ayam ini sudah bersih.

 

  1. Ayam Potong Pejantan ( Gambaran Umum, Kualitas, Cara memilih Ayam Potong, Harga Terjangkau, Kandungan Gizi dan protein, Jual Ayam potong Jakarta)

LEAVE A REPLY