Cara Memotong Ayam Yang Baik Dan Benar

0
711

Setelah Anda membeli seekor ayam utuh dan Anda ingin memasaknya, maka tentunya Anda harus tahu bagaimana Cara memotong ayam yang baik dan benar sehingga potongan ayamnya nanti pada saat akan dimakan menjadi lebih mudah dimakan karena potongannya sudah sesuai ukurannya dengan yang seharusnya. Sebagai ibu rumah tangga sudah sewajarnya jika Anda harus mengetahui Cara memotong ayam yang baik dan benar ini sehingga pada saat Anda mendapat ayam utuh, Anda tidak hanya dapat mengolahnya saja menjadi masakan tetapi juga dapat memotongnya sebelum memasaknya. Tentunya itu akan menjadi salah satu keahlian yang menakjubkan ketika Anda bisa menangani bahan masakan Anda dengan sempurna. Apalagi pada saat itu Anda hendak menjamu tamu, pastinya akan sangat baik jika Anda bisa menguasai Cara memotong ayam yang baik dan benar sehingga potongannya pas.

Langkah Pertama

Pada saat Anda hendak memotong ayam utuh maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencucinya terlebih dahulu meski seandainya pada saat Anda membelinya ayam sudah dalam keadaan yang bersih namun akan lebih baik lagi jika Anda kembali mencucinya dengan bersih setelah sampai di rumah. Setelah itu yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa bagian dalam ayam tersebut untuk mengeluarkan rempela, hati dan organ dalam lainnya. Jika Anda menyukainya maka bisa Anda masak dan jika tidak maka bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Langkah Kedua

Pada saat Anda telah selesai pada langkah pertama maka hal kedua yang harus Anda lakukan agar lebih mudah dalam memotongnya adalah memegang paha kiri ayam tersebut dengan tangan Anda barulah setelah itu Anda dapat menariknya agar Anda lebih mudah. Anda bisa menggunakan pisau untuk memotong pada bagian pinggul ayam untuk memotong bagian pahanya tadi. Anda harus memotong bagian tulang rawan dimana letaknya adalah antara pinggul dan paha ayam tadi. Dengan memotong tulang rawan itu maka bagian-bagian lainnya akan lebih mudah dipotong dan hasil potongannya pun menjadi lebih halus tanpa terlihat serat-seratnya. Lakukan hal yang sama dengan bagian paha kanan ayam itu.

Langkah Ketiga

Anda bisa membelah bagian tengah dari badan ayam tersebut sehingga terdapat dua bagian yang sama besar. Nantinya setelah paha ayam sudah terlepas dari badannya, Anda pun akan dengan mudah dapat memotong bagian lainnya dengan ukuran yang pas. Biasanya bagian dada ayam dipotong dengan ukuran yang lebih besar atau Anda juga bisa memotong bagian dada ayam menjadi dua bagian agar pada saat memasaknya nanti terdapat bagian ayam yang banyak dagingnya dalam beberapa potong. Karena memang bagian dada ayam sangat banyak dagingnya, sehingga dalam Cara memotong ayam yang baik dan benar ini lebih baik Anda memotongnya menjadi beberapa bagian sama ukuran.

LEAVE A REPLY